Aplikasi UMKM Siap Kembangkan Bisnis Anda

Tidak semua pebisnis terutama pemula mengerti dengan pembukuan yang harus dilakukan. Hadirnya aplikasi UMKM sekarang ini, sangat membatu para pelaku usaha dalam memecahkan masalah tersebut. Anda tinggal mengisi fitur-fitur yang telah disediakan sesuai dengan kondisi usaha Anda. 

Pembukuan yang dimaksudkan, antara lain pencatatan transaksi keluar dan masuk, laba dan rugi, serta mengetahui stok produk yang mudah dan sulit keluar. Tidak hanya itu saja, dilengkapi juga dengan fitur kasir. Sehingga setiap transaksi dengan pembeli akan otomatis tercatat dengan rapi. 

Hal tersebut menjadi salah satu faktor maju dan berkembangnya usaha yang tengah Anda geluti. Sebab keuangan menjadi hal yang sangat sensitif bagi para pelaku usaha. Anda tidak diperbolehkan mencampur antara keperluan pribadi dengan usaha Anda. 

Cara pilih aplikasi UMKM yang tepat

Sekarang ini, pertumbuhan UMKM di Indonesia naik sangat signifikan. Berbekal keahlian yang dimiliki, mereka membuka usaha yang bisa dikerjakan dari rumah. Apalagi berbagai kemudahan yang disediakan oleh pemerintah, seperti izin usaha dan sertifikasi halal. 

Oleh karenanya, sangat dibutuhkan bantuan dari aplikasi UMKM agar tercatat dengan baik setiap transaksi yang dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih aplikasi tersebut, diantaranya:

1. Pastikan aplikasi bisa menghitung untung dan rugi.

Pelaku UMKM harus bisa mengetahui posisi neraca usahanya, baik untung maupun rugi. Sehingga bisa menjadi bahan evaluasi ataupun tolakan untuk melangkah. Selain itu juga, bisa menjadi acuan agar usaha yang dijalani tetap bisa bertahan.

2. Terdapat analisis bisnis.

Terkadang kekurangan dalam usaha atau bisnis, luput dari jangkauan owner. Makanya dibutuhkan aplikasi yang tidak hanya memberikan laporan keuangan saja, tetapi juga analisis bisnis Anda. Karena biasanya ‘penglihatan’ alat digital lebih jeli dalam menemukan celah-celah dalam bisnis yang harus diperbaiki. 

Selain itu bisa juga digunakan sebagai acuan strategi bisnis ke depannya. Seperti pemberian gift atau diskon bagi pelanggan setia ataupun baru. Mempromosikan produk, baik baru maupun stok lama dengan memberikan penawaran terbaik bagi pelanggan.

3. Aplikasi mudah dijalankan dimanapun dan kapanpun.

Bagi UMKM yang baru merintis, aplikasi yang bisa didownload dari smartphone menjadi pilihan. Selain mudah dalam pengoperasiannya, juga bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Sehingga memudahkan Anda mengontrol usaha yang tengah digeluti. 

Manfaat Aplikasi UMKM

Aplikasi UMKM sengaja diciptakan untuk memudahkan para pebisnis UMKM dalam menjalankan usahanya. Sebagaimana yang telah disinggung di atas, setiap usaha membutuhkan kerapihan dan ketelitian dalam pencatatan. Sehingga bagi Anda yang masih berantakan dalam pembukuan, bisa mencobanya. 

Berikut ini manfaat aplikasi bagi pelaku UMKM, antara lain:

1. Kelola keuangan jadi lebih praktis.

Pencatatan keuangan manual, terkadang membuat pusing. Selain ribet, juga membutuhkan konsetransi lebih untuk melakukannya. Jadi sebaiknya pengelolaan diserahkan kepada ahlinya, misal aplikasi yang aman dan terpercaya.

2. Tampilan usaha UMKM Anda semakin bagus.

Bagi yang memiliki modal untuk membuat toko online sendiri dengan desain yang menarik, tentunya akan menambah nilai plus usaha Anda di mata pelanggan. Apalagi bila Anda pandai menjaga keloyalan pelanggan. Sehingga tetap setia dengan produk dari toko Anda. 

Namun, Anda tak perlu khawatir, bila belum mempunyai toko sendiri. Anda bisa mempercantik produk dengan aplikasi UMKM gratis yang tersedia di playstote. Namun, jangan lupa tetap harus periksa ulasan untuk mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Bisa menerima pembayaran tunai dan non-tunai.

Bukan zamannya lagi, orang bertransaksi harus dengan uang tunai. Opsi pembayaran non-tunai menjadi salah satu daya tarik bagi pelanggan yang lebih suka metode pembayaran digital. Secara otomatis akan memperluas jangkauan pelanggan Anda. 

Berinovasi terus untuk kemajuan usaha Anda adalah sebuah keharusan. Para pelaku UMKM harus bisa bergerak ke depan dengan memanfaatkan dunia digital. Aplikasi UMKM contohnya, bisa membantu Anda menjalankan usaha lebih efektif dan efisien.

Related posts