Jaga Kesehatan Sistem Endokrin Bahagiakan Hidupmu Di Masa Depan – SehatQ

Secara garis besar, sistem kerja alat – alat vital di dalam tubuh adalah karena adanya bantuan hormon yang merupakan penyeimbang dan zat perantara kimiawi. Hormon adalah zat yang dihasilkan oleh sistem endokrin di dalam tubuh kita. Apabila kerja sistem terganggu maka akan sangat berpengaruh pada hormon sehingga mempengaruhi tumbuh kembang tubuh kita.

 

Kesehatan kelenjar endokrin ini sangat penting untuk dijaga dengan makanan dan pola hidup yang sehat. Apabila hormon terganggu maka pola tidur, kulit, kesehatan dan suasana hati akan tidak normal. Untuk itu diperlukan treatment sederhana yang mudah kamu lakukan untuk menjaga keseimbangannya demi kebahagiaan hidup di masa depan. Berikut ini langkah-langkahnya kami bagikan untuk kamu.

 

Jaga Kesehatan Sistem Endokrin Agar Bahagia Di Masa Depan

Asupan makanan sehat, olahraga dan membahagiakan diri sendiri membuat hormon stabil. Cara menjaga kesehatan sistem endokrin sebenarnya mudah dilakukan asalkan teratur dan konsisten. Berikut ini tata cara menjaganya dengan mudah dan murah.

  • Hindari Stress

Stress membuat peningkatan pada denyut jantung dan adrenalin. Ini membuat hormon kortisol yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal menjadi tidak terkendali. Kelebihan hormon ini dalam jangka panjang akan menyebabkan tekanan darah tinggi, kehilangan kepadatan tulang, dan masih banyak lagi.

Pelajari teknik yang baik dengan chat dokter kamu untuk mengurangi stress bahkan menghindarinya. Mungkin dengan tenik pernafasan yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Kamu juga bisa merencanakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengurangi stress.

  • Waktu Tidur yang Cukup

Waktu tidur yang cukup akan menjaga kadar hormon tetap seimbang. Saat tidur adalah saat tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri. Bila kira kurang tidur maka akan banyak masalah yang akan mengganggu sistem kerja endokrin kita. Tidur ideal dalam sehari adalah selama tujuh sampai dengan sembilan jam.

  • Rajin berolahraga

Olahraga yang teratur akan memberikan kesehatan dan kebugaran bagi tubuh. Setiap kita berolahraga maka tubuh akan lebih nyenyak tidur di malam hari. Jangan lupa untuk menyelipkan jadwal berolahraga di keseharianmu untuk menjaga kesehatan endokrin.

  • Asupan makanan yang sehat

Asupan makanan yang sehat bagi endokrin adalah yang terbaik untuk menjaga kesehatan. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan berlemak alami dan berserat karena keduanya bisa menjaga keseimbangan. Makanan seperti ubi jalar, stroberi, blueberi, sayuran hijau dan alpukat adalah beberapa contoh makanan sehat. Mintalah saran dengan chat dokter gizimu untuk menentukan diet yang seimbang.

  • Kurangi konsumsi Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan zat yang menjadi stimulan hormon. Sebaiknya kurangi konsumsi kopi sebanyak mungkin agar kesehatanmu terjaga. Gantilah dengan konsumsi air putih lebih banyak, idealnya 2-3 liter per hari.

  • Jangan lupa memasukkan telur dalam dietmu

Nutrisi dari telur mampu mengatur rasa lapar dan kandungan insulin. Saat orang mengkonsumsi telur utuh, maka dia akan mendapatkan manfaat terbaiknya. Sehingga jangan lupa untuk memasukkan telur dalam diet sehatmu. Chat dokter gizimu untuk mengetahui kadar yang tepat untuk dikonsumsi setiap harinya.

  • Konsumsi Teh hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau termasuk tinggi sehingga mampu menurunkan kadar insulin dalam darah. Baik pada orang sehat ataupun pada penderita diabetes. Sehingga sangatlah tepat untuk memasukkan teh hiijau dalam daftar konsumsi harianmu, tentunya tanpa menambahkan gula di dalamnya.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara menjaga kesehatan sistem endokrin agar bahagia di masa depan. Kemauan untuk sehat dan bugar bisa diperoleh dengan kebiasaan yang baik dan teratur setiap harinya. Jadi selamat mencoba dan salam sehat selalu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.