Jangan Panik! Ini Penyebab Mobil Overheat dan Cara Mengatasinya

Overheat pada kendaraan Anda sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai hal. Tak peduli mobil baru maupun bekas, kondisi ini bisa saja terjadi kapan saja. Tentunya, Anda yang belum lama memiliki mobil dengan memanfaatkan promo Mitsubishi pajero sport, tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Untuk itu, yuk kenali penyebab overheat dan juga cara mengatasinya!

6 Penyebab Mobil Overheat

Lebih dari 70% pengguna mobil pernah mengalami overheating saat perjalanan jauh maupun dekat. Overheating adalah kondisi saat temperatur mesin sedang tinggi dan melebihi batas kemampuan ketahanan mesin.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengakibatkan mesin tidak bekerja dengan optimal hingga mungkin terjadi macet bahkan kerusakan pada mesin. Berikut beberapa penyebab mobil overheat.

1. Masalah pada Radiator

Penyebab yang paling sering terjadi adalah ditemukannya masalah pada radiator seperti ketinggian air radiator yang terlalu rendah, radiator kotor atau tersumbat, kipas pendingin tidak bekerja, maupun kerusakan pada tutup radiator.

2. Sistem Pengapian (Ignition System) Bermasalah

Adanya masalah pada sistem pengapian tentu sangat berpengaruh pada kinerja mesin, sehingga ketika ignition timing bermasalah maka overheat juga bisa terjadi. Hal ini disebabkan karena daya ledak pada busi yang tidak sesuai dengan pergerakan piston pada tabung silinder.

3. Oli Mesin Hampir Habis

Tak jarang mobil mengalami overheat karena lupa melakukan pengecekan pada oli mesin. Saat oli mesin rendah, gaya gesek pada mesin akan lebih tinggi. Dengan demikian, kondisi overheat bisa terjadi pada kendaraan Anda.

4. Kinerja Rem yang Bermasalah

Penyebab mobil overheat selanjutnya terletak pada rem. Ketika rem tetap aktif walaupun pedal tidak diinjak, secara otomatis kinerja mesin akan lebih besar. Itu karena beban yang diberikan pada rem yang selalu aktif mobil bisa saja mengalami overheating.

5. Thermostat Tidak Bekerja

Thermostat adalah elemen luar dari radiator yang membantu mendeteksi suhu optimal mesin. Suhu tersebut yang tepat dapat membantu dalam mengatur kebutuhan water coolant pada radiator untuk mesin. Ketika elemen ini bermasalah, maka mobil juga bisa mengalami overheating.

6. Terjadi Kendala pada Pompa Air

Pompa air juga berperan aktif untuk mengalirkan water coolant, jika terjadi kendala pada pompa seperti accessory belt longgar atau selip, sangat rentan untuk mesin mobil mengalami overheating.

Cara Mengatasi Mobil OverheatĀ 

Mobil yang menempuh jarak jauh tanpa istirahat sangat mungkin mengalami overheat di tengah jalan. Hal paling buruk selain kerusakan mesin adalah mesin macet atau mogok.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, jika lampu indikator temperatur menyala, cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi overheat pada mesin:

  • Pastikan kondisi mesin, radiator, rem berfungsi dengan aman.
  • Matikan AC dan media player pada mobil saat ingin meneruskan perjalanan.
  • Jika memang memungkinkan, menepi dan istirahatkan mesin sejenak untuk dapat membantu suhu mesin turun secara bertahap.
  • Buka kap mobil untuk membiarkan udara panas keluar.
  • Cek kondisi radiator mulai dari ketinggian water coolant (isi jika perlu).
  • Periksa ketinggian oli mesin (tambah jika perlu).

Nah, itu dia penyebab mobil overheat dan cara mudah menanganinya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu Anda menemukan cara untuk mengatasi overheating pada mobil sehingga radiator mesin mobil Anda tetap bekerja optimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.