Penting Mengetahui Ukuran Jam Tangan Agar Tampil Sempurna

Seiring perkembangan zaman jam tangan pun mulai bergeser fungsinya tak lagi semata penunjuk waktu tetapi juga fashion. Ukuran jam tangan juga menjadi daya pikat tersendiri untuk penampilan yang diinginkan.

 

Terdengar klise tetapi jam tangan bisa disamakan dengan cara berpakaian yang harus disesuaikan dengan bentuk tubuh. Jam tangan harus sesuai dengan ukuran pergelangan tangan. Tidak selamanya satu ukuran cocok untuk semua pemakainya. Mulai dari warna, bahan tali serta desain harus dipertimbangkan dengan baik.

Keuntungan Mengetahui Ukuran Jam Tangan

Sebelum memakai jam tangan, perlu dipastikan ukuran jam tangan sesuai dengan pergelangan tangan. Seperti yang telah disebutkan, tidak semua ukuran cocok untuk seseorang. Ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan apabila mengetahui ukuran pergelangan tangan sendiri, yaitu:

  • Nyaman saat memakai jam yang sesuai
  • Tidak perlu bingung apabila harus berbelanja jam tangan secara online
  • Menolong menemukan desain yang tepat dan sesuai

Cara Mengukur Pergelangan Tangan

  • Menggunakan pita pengukur fleksibel atau setrip kertas
  • Lingkarkan pada pergelangan tangan
  • Pergelangan tangan 14-16 cm termasuk dalam kategori tipis. Untuk 16-17 cm, pergelangan tangan ramping. Untuk 17-18 cm adalah pergelangan tangan sedang sementara di atas 18 cm termasuk pergelangan tangan yang tebal.

Pertimbangan Memilih Jam Tangan

Setelah mengetahui ukuran pergelangan tangan, ada beberapa hal yang juga perlu dipertimbangkan. Jam seperti apa yang sesuai dengan keinginan agar bisa tampil sempurna. 

Diameter Jam Tangan

Pada pria, ukuran berkisar dari 38-46mm. Pada wanita berkisar 26-39mm.

Ketebalan Jam Tangan

Ukuran diameter jam harus sebanding dengan bingkai atau case.

Tali Jam Tangan

Ukuran tali jam tangan yang paling baik yaitu memiliki lebar setengah dari diameter case.

Material Strap

Material strap adalah tali logam dan kulit. Tali logam adalah tali jam tangan yang sempurna untuk tangan yang lebih besar karena tampak lebih berat dan lebih tebal.

 

Dengan mengikuti panduan ukuran jam tangan di atas, kini tak perlu lagi bingung bagaimana cara memilih jam tangan yang sesuai untuk tampilan sempurna. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.